Lampion Adalah Simbol Harapan Dan Kebahagiaan

  • Whatsapp
lampion imlek
lampion imlek
banner 468x60

 Apa sih lampion itu? Lampion merupakan lampu kecil yang terbuat dari kertas yang di dalamnya terdapat api(lilin). Lampion biasa di gunakan pada festival atau acara tertentu.

   Lampion ini merupakan kebudayaan China di seluruh dunia. Lampion  memiliki beragam bentuk yakni bulat, kapsul, dan kotak juga memiliki beragam warna, tergantung kertas yang di gunakan saat pembuatan lampion. Lampion ini bisa di jumpai pada saat perayaan tahun baru Imlek yang terjadi pada tanggal 25 Januari sebagai salah satu tradisi dan sebagai tanda pergantian tahun juga lambang harapan serta kebahagiaan di tahun yang baru. Temen-temen, ada yang tau gak sih? Di Indonesia festival lampion ini di adakan di beberapa kota contohnya di Palembang. Nah, untuk teman-teman yang penasaran dan ingin tahu festival lampion itu seperti apa, silahkan kunjungi kota Palembang dengan 10.000 lampion di Jalan Raden Abdul Rozak No 50 Palembang sampai tanggal 8 Februari 2020 nanti, yuk kunjungi sebelum festival selesai. Berikut ini komentar pengunjung di festival Lampion Palembang:

“Aku dari Jakarta, sengaja ke Palembang cuman pengen liat festival lampion dan sumpah ini keren banget pokoknya”  -Nia

“Pertama kesini sama doi, doi seneng sih karena mungkin saking indahnya kali ya namanya cewek senengnya di ajak ke tempat-tempat kaya gini yang menurut dia sih romantis Haha”          -Adlan

“Iam From America and Iam so exited to see this festival” -alexandra

“Ini sih tempatnya orang mesra-mesraan, buat jomblo juga gapapa ke sini aja karena Lo harus liat kerennya tempat ini, asli deh asal kudu kuat hati agar tidak ambyar dan tersakiti karena ngeliat orang gandengan hahaha”-Aslan

“Kalo menurut gue sih ini keren abis ya, karena 10.000 lampion coba bayangin indahnya kaya apa, doi aja kalah deh indahnya sama lampion ini hahaha” -Angel

 Tapi bagi teman-teman yang bingung karena ingin melihat lampion namun tidak bisa karena kejauhan, tenang aja, kalian bisa buat lampion sederhana dari benang dengan menggunakan lampu untuk hiasan di rumah, caranya? Yuk simak di bawah ini.

Siapkan bahan-bahannya, yakni: Balon, lem kayu, benang, gunting, lampu+kabel, hiasan jika diinginkan 

  1.  Tiup balon sesuai dengan ukuran lampion yang Anda inginkan
  2. Oleskan lem kayu pada balon
  3. Campurkan benang dengan lem kayu agar benang lebih merekat pada balon, lalu lilitkan benang pada balon hingga benang menebal dengan ketebalan yang Anda inginkan, sisakan sedikit ruang untuk memasukkan lampu nantinya atau Anda bisa menutupi seluruh balon menggunakan benang lalu nanti setelah benang kering anda bisa menggunting atasnya dan membentuk lubang 
  4. Hiaslah sesuai selera anda, Anda bisa menggunakan kain flanel jika Anda ingin membentuk karakter atau lainnya , Anda juga bisa menggunakan pernak-pernik agar terlihat lebih cantik
  5. Selanjutnya, keringkan balon yang sudah di liliti benang
  6. Jika sudah kering, kempeskan balon menggunakan jarum dengan cara di tusuk
  7. Masukkan lampu dan kabel ke dalam benang tadi
  8. Lampion sederhana dan cantik siap menghiasi ruangan anda

Nah, kira-kira begitulah cara membuat lampion sederhana dari benang. Sebenarnya, lampion ini juga biasa di jual dengan harga 4.000-10.000 rupiah untuk lampion terbang tergantung ukuran dan kualitas lampion tersebut, untuk lampion gantung pun biasa di jual dengan harga 10.000-ratusan ribu tergantung ukuran dan kualitas lampion. Tersedia di toko-toko online seperti: Lazada, buka lapak, shopee dan lain sebagainya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60